Minggu, 04 Maret 2012

Fisiologi Hewan

Fisiologi Hewan merupakan ilmu yang mempelajari fungsi normal tubuh dengan gejala yang ada pada sistem hidup, serta pengaturan atas segala fungsi dalam sistem tersebut.

Berbagai peristiwa dan aktivitas yang terjadi pada sistem hidup selanjutnya disebut fungsi kehidupan atau fungsi hidup. Jadi, fungsi hidup ialah fungsi sistem yang ada dalam tubuh makhluk hidup. Sistem hidup merupakan suatu yang komplekss dan bervariasi sehingga dalam fisiologi hewanakan dibahas secara kompleks dan bervariasi juga.


Materi kuliah ini terbagi dalam 12 bab dan 14 kali pertemuan. Bab 1 menjelaskan berbagai konsep dasar dalam fisiologi, respon hewan terhadap lingkungan, dan mekanisme homeostasis; bab 2 menjelaskan struktur dan fungsi sel serta proses transpor zat melintasi membran sel; bab 3 sampai dengan bab 12 berturut-turut menguraikan fungsi sistem saraf, reseptor dan efektor, endokrin, pencernaan, sirkulasi, respirasi, termoregulasi, dan reproduksi.

Setelah mengikuti materi kuliah fisiologi hewan, diharapkan mahasiswa dapat menjelaskan fungsi setiap sistem dalam tubuh.

http://blog.unm.ac.id/amunisa/2010/02/15/fisiologi-hewan-2/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar